6 skrip yang wajib dimiliki oleh website toko online

Shopping Cart
Tidak perduli apakah anda seseorang yang berpengalaman ataukah baru dalam hal toko online, tentunya memilih skrip toko online untuk bisnis anda bukanlah sesuatu yang bisa dianggap sepele, apalagi dengan banyaknya skrip toko online yang bertebaran di dunia maya ini dari yang gratis sampai berbayar. Bagi orang awam mungkin akan bingung untuk menentukan skrip yang tepat untuk bisnisnya, oleh karena itu kali ini Nova Design akan memberikan sedikit tip untuk memilih skrip toko online yang tepat untuk ditempatkan pada blog anda berdasarkan fitur-fitur yang sebaiknya anda miliki pada sebuah website toko online.

  • Shopping Cart
    Fitur ini wajib dimiliki oleh sebuah toko online, carilah skrip toko online yang memiliki fitur-fitur shopping cart yang mudah dipergunakan, mudah diakses, multiple produk checkout(memilih beberapa barang sekaligus sebelum melakukan checkout atau pembayaran) memiliki perhitungan otomatis, dan mata uang yang sesuai dengan negara anda (tentunya Indonesia Rupiah harus menjadi pilihan anda, jika toko online anda dikhususkan untuk orang Indonesia)
  • Formulir Pemesanan
    Ketika pengunjung melakukan checkout, biasanya mereka diharuskan mengisikan beberapa informasi seperti nama, alamat, nomor telepon, metode pembayaran dan jasa pengiriman yang diinginkan. Untuk itu carilah skrip toko online yang memiliki fitur formulir pemesanan yang memiliki fungsi formulir validasi sehingga jika pengunjung salah mengisikan informasi dapat langsung dikoreksi sebelum terkirim. Jika anda ingin lebih mudah mengelola transaksi penjualan toko online anda, cari juga yang memiliki fungsi menyimpan data formulir pengiriman ke dalam sebuah file seperti excel, tidak lupa fungsi auto reply email, yaitu mengirimkan email ke anda dan pembeli anda perihal barang yang ia beli seketika itu juga sehingga anda dapat segera memproses transaksinya. Jika transaksi penjualan harian anda banyak akan lebih mudah mencari pesanan seseorang berdasarkan OrderID, fungsi seperti otomatis membuatkan nomor OrderID pada pesanan pembeli juga patut dipertimbangkan.
  • Image Gallery
    Sebuah gambar dapat mudah diartikan daripada seribu kata, untuk itu tambahkanlah gambar pada setiap produk yang anda tawarkan, kalau bisa lebih dari satu agar pembeli dapat dengan mudah mengartikannya, untuk itulah fungsi image gallery ini berperan. Carilah fungsi Image gallery pada skrip toko online yang mempergunakan ajax sehingga tidak memperlambat tampilah halaman produk anda, jika bisa pembuatan image gallery tersebut dilakukan otomatis di sisi skrip, jadi anda tidak perlu mengotak-atik HTML dan sebagainya ketika melakukan posting, cukup memasukkan gambar saja.
  • Slider
    Slider adalah tampilan silih berganti atau slideshow yang berisikan produk-produk terbaik, promo ataupun event terbaru, biasanya berada pada halaman utama/ beranda website toko online anda. Banyak pilihan slider yang bisa anda pilih saat ini, untuk itu carilah yang anda sukai, tetapi hati-hati slider-slider yang menggunakan fitur-fitur terbaru seperti CSS3 transisi tidak dapat berfungsi pada peramban-peramban lama, tetapi tidak perlu terlalu khawatir karena sudah banyak orang yang menggunakan peramban-peramban terbaru. Slider yang baik akan dapat di klik pada gambarnya dan langsung mengantarkan anda ke halaman yang sesuai dengan tampilan slider tersebut, untuk itu carilah slider yang pembuatannya tidak manual menggunakan HTML, tetapi otomatis berdasarkan postingan anda.
  • Pengoperasian yang MudahBiasanya skrip toko online yang memiliki banyak fungsi akan memiliki pengoperasian yang rumit pula, tetapi tidak sedikit orang yang dapat membuat script toko online tanpa mengubah cara pengoperasian sebuah blog sistem seperti blogspot. Jika anda memperdulikan tentang siapa yang akan melakukan posting dan pengelolaan toko online anda, sebaiknya anda mencari script toko online yang mudah sehingga anda dapat memilih siapapun untuk mengelolanya…tentunya yang amanah juga ya?
  • Tampilan yang menarik
    Tidak lupa tampilan toko online yang menarik juga penting, untuk hal ini Nova Design memberikan pada anda memilih pilihan tampilan yang anda sukai, tambahkan juga widget atau gadget yang anda sukai, tetapi jangan terlalu banyak karena akan memperlambat tampilan toko online anda, gadget yang wajib anda miliki seperti metode pembayaran, jasa pengiriman dan daftar customer service dan keranjang belanja sebaiknya dapat mudah terlihat oleh pengunjung anda.
Itulah 6 fitur minimal yang harus dimiliki oleh sebuah toko online, anda dapat mencari skrip toko online tersebut yang gratis ataupun berbayar. Jika anda memiliki dana yang cukup, anda dapat menggunakan jasa pembuatan toko online yang anda inginkan disamping hal tersebut tidak membuang waktu anda yang sangat berharga hanya untuk mencari, memilih dan meneliti script yang berkualitas.
Hal yang terpenting dari ini semua adalah anda memahami apa yang anda inginkan dan butuhkan serta kemampuan anda. Tidak lupa, manajemen bisnis yang baik juga akan sangat mempengaruhi kesuksesan toko online Anda.
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar